Friday, January 11, 2013

Skin Care and Clindamycin phosphate

Keluhan selanjutnya datang dari gw, dengan masalah acne alias jerawat.

Jerawat umum menjadi cerita atau keluhan di masa remaja pubertas hingga dewasa. Termasuk gw. Seperti yang udah gw ceritain sebelumnya. Yah, jadi jerawat itu suatu masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat yang ada di kulit. Semua karena kurang diperhatikannya masalah kulit dari debu, kotoran, minyak, dan aktivitas polusi di luar.

Dari hasil cerita gw, gw mau berbagi dikit tentang obat jerawat. Salah satunya dari bahan Clindamycin phosphate.

Clindamycin phosphate adalah suatu ester yang secara invitro tidak menunjukkan aktivitas namun invivo akan cepat terhidrolisa menjadi clindamycin yang aktif sebagai anti bakteri. Secara invitro, clindamycin menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes dan dapat menurunkan jumlah asam lemak bebas di permukaan kulit dari 14% menjadi 2%.

Selain itu ada dari bahan nikotinamid. Nikotinamid adalah zat aktif senyawa Niacin (Nicotic acid, vitamin B3). Mekanisme kerja nikotinamid untuk mengurangi inflamasi acne vulgaris masih belum jelas tetapi diduga berhubungan dengan sifat antiinflamasi.

Yah, itu yang sedikit gw tau tentang obat2an yg mengurangi inflamasi acne vulgaris :)

No comments:

Post a Comment