Friday, January 11, 2013

Sistem Imun dan Skin Care

Halo semua, kali ini gw mau bahas sedikit tentang pengetahuan baru gw. Yah ga salah ya buat berbagi ilmu baru, atau mungkin jika sudah ada yang tahu dan lebih memahami tentang dunia medis, kosmetik, dan obat2an, monggo.. mohon komentarnya. Hehe, correct me if i'm wrong yah :)

Hari ini gw pergi berobat ke dokter spesialis kulit bareng temen kuliah gw, Viviq. Pergi ke dokter kulit memang merupakan niat kami dari sebelum tahun baruan kemarin, dengan keluhan yang berbeda. Viviq punya alergi dingin semenjak pulang dari praktek lapang di Banyuwangi, dan sampe sekarang alergi itu sering mengganggu aktivitas dia. Dan gw, keluhan gw yaah, masalah cewek alias jerawat. Hahaha.. Gw jerawatan memang udah lama, tapi selama ini gw santai2 aja dan ga pernah mikirin tentang penampilan gw. Gw juga bukan tipe orang yang memperhatikan perawatan wajah yg 'butuh banget' tapi sekarang, seiring dengan bertambahnya dewasa, *lebai parah* memang hal tersebut harus 'sedikit diperhatikan'. Udah, kok jadi curhat.

Selama berobat, awalnya si Viviq dulu yang dipanggil tapi gw ikutan nyimak dan gw jadi dapet pengetahuan baru yang gw memang awam dengan hal masalah kulit. Tapi seterusnya jadi nyambung ke masalah sistem imunitas. Ini gw agak paham karna memang dosen gw juga pernah nerangin hal serupa mengenai alergi. Tetapi berupa alergi terhadap makanan seafood (jurusan kuliah gw bahas hal itu).

Jadi, alergi itu bukan datang secara tiba2. Kata dokter yang gw simak selama ngobrol2 dengan temen kuliah gw itu, beliau bilang kalo alergi itu sebenernya bukan suatu reaksi yang tiba2 dan kita tak terbiasa mendapatkannya, melainkan alergi itu suatu proses. Proses dimana hal itu akan terjadi untuk menyerang sistem imun kita. Jadi kalo sebagian pasien mengeluh bilang 'Dok, saya beneran baru ngerasain hal ini, dulu2 kayanya saya ga pernah mengalami hal ini'

Itu sebenernya salah. Sebenernya kita memang sudah menerima rangsangan tersebut namun ketika sampai pada puncaknya, dan kita tidak terbiasa. Hal itulah yang akhirnya kita sebut dengan alergi. Suatu bentuk respon dari sistem imunitas kita terhadap rangsangan dari luar. Bentuknya bisa beragam, mulai dari ruam ruam merah, bintik bintik, hingga bentol bentol besar dan gatal pada umumnya, hingga bisa juga menyebabkan bibir bengkak dan kelopak mata membengkak.

Alergi ini sebenernya, kata si dokter pada awalnya memang kita tak terbiasa, tapi memang itulah prosesnya, proses dari si sistem imun kita untuk mengenal, menangkal, dan melawan, sebagai reaksinya, ya gatal2 itu yang membuat aktivitas kita terganggu. Tapi memang pada akhirnya akan terbiasa. Respon imun tiap orang berbeda2. Selain itu, obat yang kita konsumsi untuk menghilangkan rasa sakit atau gatal alergi kita, itu sebenernya bukan untuk menghilangkan, tapi untuk menetralisasi.

Dari keluhan yang didapat, dokter pun bicara kalau alergi tidak saja hanya dari udara dingin, tapi dari debu, udara panas, keringat, seafood, karpet berdebu yang tidak pernah dicuci dan dijemur, mungkin ada ngengat, kutu, ataupun tungau yang menyebabkan gatal2. Semua itu sebenarnya tinggal dari kita semua untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, lingkungan kita tetap bersih.

Oke, itu sih yang gw simak dari perbincangan dokter dan tambahan dari sedikit beberapa pengetahuan yg gw pernah dengar dan tau. CMIIW.

To be continued.

No comments:

Post a Comment