Friday, February 3, 2012

Trip to Jawa Bali : PART 3 - H2 : Banyuwangi

Rabu, 25 Januari 2012
Perjalanan dari Pekalongan menuju Banyuwangi memang butuh waktu sekitar semalaman. Kita lewat jalur Pekalongan, Tuban, Banyuwangi. Diperkirakan kita sampai di kota Banyuwangi subuh, tapi berhubung transit di Tuban lumayan lama dan ternyata perjalanan panjang sekali (sok tau) jam 5 pagi kita masih ada di Probolinggo.

06.30 WIB
Rencana awal kunjungan pertama kita ke PT. Maya Muncar Banyuwangi, tapi ternyata belum ada konfirmasi jelas dan kita janji mau datang itu jam 11 siang (perjanjian dengan perusahaan begitu) (gw ga terlalu ngerti juga masalahnya gimana yang bener, urusan Humas, hahahaa). Ehh tapi ternyata kita perjalanan menuju Banyuwangi nya aja masih jauh, jam 6 pagi masih ada di Probolinggo. Tidak memungkinan untuk kita sampai di Maya Muncar jam 11 siang dan akhirnya kunjungan ke PT. Maya Muncar Banyuwangi dibatalkan. Akhirnya perjalanan kami lanjutkan langsung ke tempat kunjungan yang kedua, PT. ICS (Istana Cipta Sembada) Banyuwangi.

10.00 WIB : Perjalanan ke Situbondo
12.00 WIB
Akhirnya sampai di Banyuwangi tapi kita istirahat, sholat dan makan siang dulu di sebuah restoran yang langsung menghadap ke tepian laut, dan diseberangnya udah mulai keliatan Pulau Bali (yang nantinya bakal kita sebrangin, hahahaha). Udara di sekitar situ sejuk, dan cuacanya juga ga begitu cerah, basah-basah lembab nan sejuk pula. Hihihi, sambil makan, sambil liatin pemandangan di luar sana, sejenak melupakan rasa pegal badan dan pantat tepos dua hari tidur di bus.
 Foto-foto setelah makan bersama dosen :)
 Gw sama Etha (keren kan new hairnya Etha ?)
14.00-17.00 WIB
Perjalanan dilanjutkan dan akhirnya sampai di PT. Istana Cipta Sembada Banyuwangi. PT. ICS ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hasil perikanan, khususnya pembekuan udang. CS Group adalah sebuah kelompok perusahaan yang mempunyai fokus di bidang seafood industri dengan spesialisasi produk udang dan ikan. Dengan kelompok perusahaan yang saling terintegrasi dan tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. ICS group berupaya memberikan pelayanan dan kualitas terbaik lewat filosofi 3E, Excellent product, excellent people, dan excellent service sebagai upaya pencapaian kepuasan pelanggan. Sebelum kunjungan ke ruang produksi, kita diperkenalkan terlebih dahulu tentang ICS Group di ruang pertemuan. Cekidot...
 Sesi perkenalan PT. ICS Banyuwangi
Kunjungan kita lakukan untuk mengetahui proses produksi berbagai macam pembekuan udang dengan berbagai metode. Untungnya, kami diperbolehkan mengambil gambar (dokumentasi) tapi hanya diperbolehkan membawa satu kamera saja ke dalam ruang produksi. Akhirnya, pake tuh kamera digitalnya si Sasa. Sebelum masuk ke ruang produksi, kita harus melepas perhiasan, jam tangan, dan asesoris lainnya yang ada di tubuh, terus pakai jas produksi, penutup kepala, masker, dan sepatu boot. Siap-siap ke ruang produksi dehhh...
 *kiri ke kanan : Virjean, Sasa, Darya
(ckkk... mau keruang produksi aja make gaya dulu lo pada !)
Sebelom masuk ruang produksi, dapet pengarahan dulu dari bapak pembimbing kita selama di ruang produksi. Selain itu, pas masuk ke ruangan, cuci tangan dulu biar higienis dan sanitasinya terjaga. Jalan masuk keruang produksi juga melalui saluran tampungan air mengandung klorin untuk membersihkan sepatu boot terhindar dari segala hazard (halaaahh alayy)
 Pengarahan dari bapak pembimbing :)
Setelah ituuuu... yuu ahh kemon, masuk ke ruang produksi dehh... disini banyak tahaan-tahapannya,tapi hanya beberapa yang gw ambil buat dipajang di blog. Yuu cekidot...
 Suasana di ruang produksi (pembersihan udang)
Proses pembersihan dan pelepasan kulit udang
Pencucian dan sanitasi wadah
Udang beku :)
 Proses penyortiran udang sesuai dengan ukuran
Proses penimbangan udang
Larangan dalam ruang produksi
(hayoo pasti udah tau kan yang udah belajar tentang keamanan dan sanitasi pangan)
Selanjutnya masuk ke dalam ruangan lainnya, yaitu ruang dimana terdapat tempat pembekuan udang. Disini ada berbagai macam metode pembekuan udang, salah satunya metode pembekuan udang dengan cepat, atau kalo ga salah disebut metode IQF (gw lupaaaaa sumpaaaahh, CMIIW yaa reader !)
 Pembekuan udang
Produk udang beku :)
Produk udang butterfly
Untuk yang gambar di atas, ini merupakan produk udang yang dibekukan juga, namun, udang berbentuk butterfly, dan dibekukan didalamnya masih terdapat air.
 Proses pengepakkan produk
Setelah memasuki ruang produksi, kemudian kita keluar menuju tempat pengolahan limbah. Industri pembekuan udang ini menghasilkan limbah lohh. Limbah yang terdapat di industri ini merupakan limbah kulit udang dan limbah air yang mengandung klorinnya. Disini kita ditunjukkan proses pengolahan limbah cairnya. Banyak terdapat kolam-kolam air limbah yang didaur ulang.
 Kolam pengolahan air limbah

Proses pengolahan limbah
Menurut narasumber (gaya banget)... maksudnya bapak yang mengelola bagian kolam limbah ini, limbah air di industri ini diolah kembali kemudian (katanya sih) dapat dipakai kembali. Hasil setelah diurai limbahnya kemudian dcialirkan ke sungai yang berada di dekat industri. Limbah air yang dimaksud adalah air klorin bekas cuci peralatan, cuci udang, cuci tangan dan sebagainya. Namun ketika dialiran ke lingkungan limbah sudah diolah dan sudah tidak berbahaya.
Puas berkeliling-keliling dari ruang produksi hingga ke kolam pengolahan limbah, kita kembali lagi ke ruang diskusi. Disini terdapat sesi tanya jawab dan diskusi. Informasi yang didapat dari PT. ICS ini adalah, hmm... PT. ICS memproduksi produk udang beku, octopus, dan masih banyak lagi yang memiliki nilai jual yang tinggi serta dijual untuk ekspor ke luar negeri. Produk-produk unggulan diantaranya adalah :
1. Prima Shrimp
Prima Shrimp merupakan berbagai macam produk udang, baik mentah, dalam bentuk shrimp PTO (peeled tail on), shrimp butterfly atau sering disebut sushi ebi (karena sering digunakan untuk makanan sushi), cooked headless, cooked PND (peeled and devined) yaitu udang yang sudah dibersihkan dan dimasak, PTO stretch (Nobashi ebi) yaitu udang yang bentuknya sudah lurus karena perlakuan stretch, dan round cut.
2. Prima Octopus
Prima Octopus merupakan berbagai macam produk molusca Cephalopoda seperti octopus (gurita), cumi (squid), dan sotong (cuttlefish). Produk-produk ini diantaranya adalah baby octopus, cuttlefish fillet, matsukasa, raw flower octopus, skewer octopus, squid ring, sushi slice octopus, whole round cuttlefish, dan cooked flower octopus.

Kunjungan ke PT. Istana Cipta Sembada akhirnya selesai, dan yang terpenting adalah... akhirnya gw mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan informasi (wawasan baru) mengenai dunia perikanan, perindustrian, dan pengelolaan perusahaan. Sebelum meninggalkan perusahaan kita sempetin foto-foto dulu sebagai kenang-kenangan...
 Finally, kunjungan telah selesai. Bali, I'm coming !

18.00 WIB
Perjalanan menuju ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Yaaaa akhirnya fieldtrip kita (kunjungan ke perusahaannya) selesai dan berjalan dengan lancar. Ehh ngga diingg, hehehe, masih ada satu perusahaan lagi yang harus kita kunjungin di Bali besok hari dan sekarang kita nyebrang dulu dari Banyuwangi ke pulau Bali. Selama di perjalanan penyebrangan, kapal dipenuhi oleh rombongan kita (anak-anak THP). Terus, disitu lagi ada karaokean ehhh dasar anak-anak THP 46 pada gila-gila semua, pas penyanyinya nawarin siapa yang mau nyanyi langsung pada patunjuk-tunjuk. Tumbal pertama adalah sang biduan dangdut, Cholila Widya alias Wiwid ditemani oleh Yoshi sang recok (rusuh) *hahaha peace Yos !
 Temanya sih dangdut. The song is : Cinta satu malam, wkwkwk
Ga hanya Wiwid ternyata yang jadi tumbal, tiba-tiba si Shita dipaksa maju kedepan buat nyanyi juga. Dan ternyata gw sama si Sasa pun menjadi tumbal berikutnya. Bedanya, gw bertajuk nostalgia. Sepanjang jalaaaannn kenangaaaaaannn :p oh iyaaaa ga ketinggalan juga si Yudha sama Giri disuruh nyanyi bertajuk nostalgia dan kegalauan (sumpah Giri menghayati banget, dasar anak galau) Kisah sedih di hari Minggu.
 terpaksalah saya berrlawas riaaaaa -__-
 Duet maut : Yudha Giri :) *Kisah sedih di hari Minggu
Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk ternyata hanya 60 menit dan akhirnya kita kembali melakukan perjalanan dengan menggunakan bus. Tiba di Baliiiii !!! hahahaha... tapi malam ini bener-bener tepar parah, sampe gw juga ga mood buat makan malem. Tempat persinggahan kita malam ini di restoran daerah Negara, Bali.

21.00 WITA
Waktu Bali merupakan waktu Indonesia bagian tengah. Sekitar jam 9 malam akhirnya kita sampai di tempat makan (rumah makan muslim) di daerah Negara, Bali. Disini kita belum nginep di hotel buuuu walaupun udah nyampe Bali, masih ada sisa satu malam lagi kita harus tidur tanpa kasur (udah rindu kasur banget dah ini mah). Setelah makan, ganti baju, kita istirahat di tempat makan tersebut (tersedia ruangan gitu).
Okelaaaahh... karena anginnya gedee banget malam itu, gw memutuskan untuk tidak tidur di luar (di tempat yang tadi disediakan). Sebagian ada yang tidur di luar, dan cewek-cewek tidur di dalam bus. Gw memilih meringkuk di dalam bus, angeeeettt... hehehe. Mari lanjutkan aktivitas di besok hari.
P.S : Next Postingan !

1 comment:

1. KEREN!!!
    Ijin unduh poto lagi... hha
    Bt, acara resepsi lu ma caca yang di atas kapal ga di ceritain?